Rabu, 22 Februari 2017

Hadapi, pikirkan dan tindakan

          Awalnya saya ragu. Apakah saya bisa atau tidak dalam menyelsaikan challenge hari ini? Seharian saya berpikir dan mencari referensi buku. Namun tak satu kata pun dapat saya tuliskan dari hasil pencarian. Hingga beberapa saat saya terdiam. Dan terlintaslah dalam pikiran kata “Hadapi, pikirkan dan segera lakukan tindakan”.

Terkadang ketika kita dihadapkan dengan sebuah keadaan yang kita pikir menyulitkan. Kita hanya fokus memikirkan bagaimana cara menyelsaikannya. Bertanya mencari jawaban dengan cara searching atau meminta solusi kepada kerabat atau sahabat. Padahal kita hanya perlu meminta petunjukNya. Berdoa dan bersimpuh dihadapanNya.

Dalam kehidupan
kita tak bisa lepas dari yang namanya permasalahan. Bahkan apa yang sudah kita rencanakan pun terkadang tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Ketika masalah itu menghampiri, apa yang harus kita lakukan? Tentunya bukan menghindari. Pasti harus tetap kita hadapi. Begitupun dalam hal kepenulisan. Tidak jarang kita sebagai penulis mengalami Writing’s block. Kehabisan ide, atau Bingung apalagi yang akan kita tulis.

Seperti yang sudah saya sampaikan di paragraf pertama. "Hadapi, pikirkan dan segera lakukan tindakan". Saya terapkan hari ini.

Bagaimana mengahadapinya?
Kita hadapi dengan penuh keyakinan. Yakinkan diri kita bahwa kita bisa menyelsaikan setiap permasalahan yang sedang menghampiri kita. Misalnya; mood sedang tidak bagus, atau sibuk kerja, kegiatan sekolah dan lain-lain. Jangan mimpi ingin jadi seorang penulis, jika waktu untuk menulis saja tak pernah kau luangkan waktunya. Dan ingat, seberapa berat masalah yang sedang menerpa kita, pasti ada jalan keluarnya. Ingat Tuhan itu Maha SegalaNya. Tak mungkin Dia memberikan ujian tanpa sepaket dengan memberikan jawabannya. Hanya saja kita perlu sedikit usaha untuk mendapatkan jawaban itu. Hadapi dan Yakin.

Lalu, apa yang harus kita pikirkan?
Kita pikirkan, apa yang menjadi penyebabnya. Mengapa kita kehabisan ide, mengapa kita bingung? Coba perbanyak membaca agar mendapat banyak inspirasi,  atau perbanyak interaksi langsung dengan lingkungan sekitar, berbagi cerita tentang dikehidupan nyata dan dalam dunia nyata. Buatlah catatan pendek dalam secarik kertas atau dalam note di ponsel. Namun jangan terlalu lama berpikir, tapi kita juga harus segera melakukan tindakan.

Mengapa harus segera melakukan tindakan?
Sebab, jika kita terlalu banyak memikirkan tanpa melakukan tindakan tidak akan pernah menghasilkan apa-apa. Apa yang kita pikirkan akan terbuang sia-sia jika hanya disimpan dalam pikiran saja. Catatan pendek yang sudah kita buat sebelumnya, bisa kita kembangkan. Agar menjadi sebuah karya tulis/sebuah tulisan yang bermakna pastinya.

Mungkin kalimat "Hadapi, pikirkan dan segera lakukan tindakan". Bisa diterapkan dipermasalahan yang lainnya. Menurutku, "Masalah tidak akan selesai jika hanya dihadapi tanpa memikirkan jalan keluarnya, juga tidak akan selesai jika hanya dihadapi, memikirkan jalan keluar tapi tidak melakukan tindakan apa-apa".
Ketika mendapatkan challenge di hari ke 22, saya kebingungan. Namun saya tetap hadapi hari ke 22, lalu saya pikirkan apa yang harus saya tulis. Dan ternyata saya sadar, bukan hanya perlu di hadapi dan dan dipikirkan, tapi juga harus ada tindakan. Jika saya tidak segera bertindak(menuliskan apa yang ada dalam pikiran) mungkin tidak akan jadi tulisan ini.
"Hadapi, pikirkan dan segera lakukan tindakan"

(Terima kasih untuk challenge hari ini. Saya jadi punya slogan penyemangat baru)
KEEP ON FIRE


#30DWC #Day22 #30DWCjilid4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar